Cynthia Marilyn Sitompul (111301070)
Pertanyaan :
1.
Persinggungan antara teknologi dan pendidikan ?
2. Penggunaan internet
disekolah, bagaimana konteks internet dengan dunia pendidikan di Indonesia,
khususnya di Medan ?
3. Apa itu ubiquitos computing
dan bagaimana tanggapan tentang ubiquitos computing ?
Pembahasan Kelompok :
1. Persinggungan teknologi dengan pendidikan
· Teknologi
seperti internet, computer dan peralatan elektronik lainnya sangat membantu
dalam proses belajar mengajar, dengan teknologi interaksi anatara guru dan
murid dan sebaliknya lebih aktif dan efektif
· Mengikuti
perkembangan jaman, dimana setiap orang diharapkan peka terhadap perkembangan
teknologi
· Mempersiapkan
peserta didik untuk dapat terjun ke dunia kerja dan peserta didik mampu
berkompetisi dalam dunia kerja yang akan mereka hadapi dimasa datang.
2. Berdasarkan pengalaman kami, Internet mulai dipergunakan dalam
pembelajaran sejak SMA.
§ Penggunaannya bermanfaat dalam membantu menambah wawasan sesuai dengan yang
kami ketahui beberapa sekolah telah memulai penggunaan internet atau computer
sejak SD, tetapi sebagian besar mulai menggunakan internet atau teknologi
di SMP.
§ Penggunaannya pun belum terlalu aktif di kelas, hanya sekedar menggunakan
computer atau internet. Pendidikan di Medan mungkin sudah menggunakan computer
dan internet namun dalam hal ini pendidikan belum berpusat pada penggunaan
teknologi tersebut.
3. Ubiquitos computing adalah distribusi computer ke lingkungan , dimana
seluruh lingkungan telah mampu untuk mengakses internet dan infomasi tanpa
harus menggunakan computer tetapi dapat mengaksesnya dengan alat yang lebih
mudah dibawa kemana-mana seperti tablet, smartphone dan lain sebagainya.
Kami setuju dengan pengguanaan ubiquitos computing ini karena lebih simple
mudah dibawa kemana-mana dan dengan kemudahan itu kita bisa mengakses informasi
dimanapun kita berada. Dengan sistem ini juga tentu penggunaan internet di
dunia pendidikan akan lebih terbantu atas kemudahan dan kemurahan untuk
mengaksesnya
Persentasi dan Tanggapan
Ubiquitous
computing
1. Oleh kelompok
Clara , Desima dan Lisdiana
Ubiquitous
computing sebuah program dimana internet lebih bersosialisasi ke lingkungan .
Tanggapan :
o
ü Oleh kel. Resi : bagaimana contoh penggunaan Ubiquitous computing di dunia
pendidikan ( oleh presenter ditanggapi :
contoh penggunaannya kuliah online ,
dimana proses belajar tetap berlangsung walau dosen tidak hadir dalam kelas)
o
ü Oleh kel. Thaya : ubiquitous computing adalah program
dimana kita seperti menemukan internet dimana – mana.
o
ü Oleh kel.Roni : ada
3 era perkomputeran yaitu 1 for
many , pc, dan ubiquitous computing yaitu 1 person many computer .
2. Oleh kelompok
Edwin , Anisa , Angela , Mentari
Ubiquitous
computing adalah suatu program dimana internet menyebar di lingkungan , masa
sekarang ini adalah masa transisi dari PC menjadi Ubiquitous computing.
Tanggapan :
o
ü Kel .Liandra : apa dampak positif dan negatif
ubiquitous computing di dunia pendidikan ( oleh presenter ditanggapi : adanya
pemakaian yang berlebihan seperti penggunaan internet saat ujian )
o
ü Kel.k’Husna : apakah benar sekarang ini masih era
transisi menuju ubiquitous computing
atau sudah memasuki era
ubiquitous computing ?( oleh presenter ditanggapi : belum semua orang dekat
dengan Smartphone , tablet , ipad , dsb
jadi belum bisa dinyatakan sudah memasuki era ubiquitous computing)
Menurut Ibu
Dina , di Indonesia ubiquitous computing
masih dalam era transisi . Di beberapa negara
mungkin penggunaan ubiquitous sudah familiar . Namun Indonesia sendiri
belum.
Standard
Melek teknologi di Medan Khususnya
Oleh
kelompok Rifany , Mianty, Gustina ,Eldaa
Penggunaan
internet dalam dunia pendidikan
khususnya di Medan sekarang ini sudah diadakan di sekolah bahkan sejak
TK. Seorang anak SD justru ditugasi PR yang mengharuskan dia menggunakan
internet . Tanggapan :
o
ü Kel. Ajeng : apakah sudah semua sekolah
menggunakan internet itu, sementara
seperti beberapa sekolah di pedesaan dan menurut pengalaman Ajeng belum semua
menggunakannya ? beberapa menggunakannya namun hanya sekedar(tanggapan
presenter : Indonesia mengalami keterlambatan di beberapa daerah )
o
ü Kel. K’Husna : apakah benar dunia pendidikan di medan
sudah melek teknologi? (tanggapan presenter sudah , karena saat ini di beberapa
TK dan SD sudah diberi pendidikan
Teknologi dan Informasi )
Penjelasan Ibu Dina
Melek
teknologi berati memiliki kemampuan memfilter apa yang seharusnya dipelajari
dan digunakan dan yang mana yang
seharusnya tidak dipelajari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar