Nama : Cynthia Marilyn Sitompul
NIM : 111301070
Dalam rangka menyelesaikan tugas pada mata kuliah Psikologi Pendidikan, maka saya membuat survey sederhana di lingkungan mahasiswa Fakultas Psikologi USU'11 yang disebarkan secara online. Adapun tema yang saya pilih adalah "Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)". Saya ingin mengetahui bagaimana pandangan mahasiswa/i FPsi USU'11 mengenai Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Berikut ini adalah 51 responden beserta data-data yang saya peroleh melalui survey online ini :
Nama Responden :
Fania
Kristin Citra
Agnes Crista
Ayu Puspita
Darmayantie Syahputri
Dhara
Puspita H
Christine Nathalia
Regina
Anastasia
Yohana
Chrisela
Putri Azura
Ulandari
Oktorianta
Cellia
Elisabeth Saragih
Gustina
Handayani Harahap
Nissa
Aztarid S
Siti Rizki
Safrida
Liasna Tarigan
Desi M
Maloky
Habibah
Grace
Theresia Sihotang
Nenita Sari
Dinarti
Utari
Ajeng Diah
M Yani Bagus
Firman
Merry
Christine Sitorus
Simson
Mira Tantri
S
Christyn
Elisabeth Siagian
Rika Damayanti
Muhammad
Habibie Almy
Raffless Pardede
Melina
Siallagan
Fitri Silaen
Adolf Purba
Siti Melisa
Harahap
Lusia Pardede
Paskha
Yohana
Fiorella
Silviani S
Wahyu Habibie
Fera
Edberg Winson
Vera Siregar
Icfadila Lubis
Cynthia
Halim
Gita Yufika
Clara
Nurul
Fadillah Siregar
Sharfina
fathin
Haifa
Chairunnisa
Aisyah Huwaida
Data :
Sebelum
masuk Psikologi, apakah anda tahu siapa yang disebut Anak Berkebutuhan Khusus?
Yes | 22 |
| |||
Not really | 26 |
| |||
No | 3 |
|
Setelah
masuk Psikologi, apakah pandangan anda mengenai Anak Berkebutuhan Khusus
berubah?
Yes | 37 |
| |||
Not Really | 6 |
| |||
No | 7 |
|
Apakah
Anak Berkebutuhan Khusus memiliki predikat buruk di lingkungan anda?
Yes | 11 |
| |||
Not Really | 21 |
| |||
No | 18 |
|
Apakah
anda pernah berinteraksi secara langsung dengan anak berkebutuhan khusus?
Yes | 43 |
| |||
No | 6 |
|
Bagaimana
pendapat anda mengenai anak berkebutuhan khusus tersebut?
12579264 | Dia membutuhkan pendidikan yang berbeda | View |
12579382 | anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kelemahan dimana peran kita sebagai orang tua maupun orang terdekatnya maupun orang yang peduli denganya membuat kelemahannya tersebut menjadi sebuah kelebihan baginya agar ia dapat diterima di tengah-tangah masyarakat. | View |
12581213 | menurut saya, mereka sangat membutuhkan perhatian yang lebih dan bantuan dari kita, tetapi tidak menjadikannya semata-mata tidak dapat melakukan apa-apa. | View |
12581549 | dia tetap semangat walaupun keterbatasan | View |
12581745 | mereka butuh banyak perhatian dari lingkungan | View |
12581788 | mereka sebenarnya adalah anak - anak yang hebat apabila mendapatkan perhatian dari orang - irang yang hebat pula | View |
12581997 | menyenangkan dan terlihat selalu ceria | View |
12582136 | Harus dibina dengan baik agar tidak menutup diri dengan lingkungan sekitar dan agar mampu mengembangkan bakat yang dimilikinya. | View |
12582250 | Dia orangnya bersemangat. | View |
12582422 | mereka perlu perhatian lebih | View |
12582505 | mereka berbeda | View |
12582514 | meskipun berkebutuhan khusus mereka pasti memiliki potensi yang harus digali dan dapat dibanggakan | View |
12582518 | anak berkebutuhan khusus tidak seharusnya mendapatkan predikat yang buruk di masyarakat karena jika diberikan pendidikan yang baik mereka juga bisa bahkan lebih berprestasi daripada anak normal | View |
12582868 | anak berkebutuhan khusus bukanlah anak yang cacat tapi anak yang memiliki kebutuhan khusus yang harus dipenuhi. | View |
12584799 | mereke tetap memiliki motivasi belajar yang tinggi walaupun dibatasi oleh segala macam kekurangan mereka | View |
12587617 | bangga karena mereka masih bisa semangat dengan segala kekurangannya. | View |
12588022 | Unik dan Berpotensi. Keren. Misterius | View |
12589234 | Ramah dan menyenangkan :) | View |
12589614 | ABK harus diberikan pendidikan yang memadai yang dapat mengembangkan potensi mereka | View |
12589762 | Mereka pintar dan bertalenta | View |
12590000 | anak yang membutuhkan perhatian dan didikan khusus | View |
12590008 | harusnya lebih diberi perhatian dan berbagai motivasi yg positif | View |
12590123 | baik | View |
12590667 | anak abk lucu,, bersahabat, dan tidak harus dihindari | View |
12590993 | Mereka harus mendapatkan pendidikan seperti anak lainnya. | View |
12591187 | Mereka justru punya kelebihan dan potensi yang lebih yang tidak dimiliki oleh anak normal lainnya | View |
12591861 | anak berkebutuhan khusus adalah anak yang harus diperhatikan khusus. | View |
12596958 | pendapat saya mereka butuh bimbingan dan dampingan dari orang-orang terdekatnya | View |
12598529 | mereka membutuhkan banyak perhatian dari lingkungannya | View |
12606505 | mereka luar biasa | View |
12617207 | ABK layaknya anak normal menurut pandangan saya dan ABK tidak berbeda dengan anak normal sekalipun | View |
12619311 | harus di perhatikan dan jangan di jauhi | View |
12619622 | sebaiknya diberikan pendidikan yang tepat | View |
12620313 | seruuu | View |
12621655 | harus diterima oleh masyarakat | View |
12625128 | Saya merasa iba terhadap ABK tsb, dia padahal tidak berdosa tapi dilabel buruk oleh lingkungannya. | View |
12625265 | seharusnya mereka dididik bukannya di kucilkan | View |
12626676 | Mereka sangat unik | View |
12627495 | nggak ada yang perlu dipandang rendah dari mereka | View |
12644052 | They're special with their way :) | View |
12644184 | sejujurnya saya sulit berinteraksi dengan mereka | View |
12644368 | mereka luar biasa :) | View |
12644440 | butuh perhatian dan pendidikan khusus | View |
12644442 | anak berkebutuhan khusus itu memiliki kelebihan sendiri.. | View |
12644474 | Mereka memiliki kelebihan dibalik kebutuhan khususnya | View |
12651566 | Anak yang perlu dibimbing | View |
Jika
pernah berinteraksi secara langsung, apakah anak berkebutuhan khusus tersebut
sudah mendapatkan pendidikan yang tepat bagi perkembangan dirinya?
Yes | 22 |
| |||
No | 26 |
|
Apakah
penting Pendidikan Khusus bagi anak berkebutuhan khusus?
Yes | 50 |
| |||
No | 0 |
|
Dari
ketiga jenis pendidikan ini, manakah yang menurut anda paling baik diterapkan
bagi ABK?
Segregasi | 12 |
| |||
Integrasi | 25 |
| |||
Inklusi | 13 |
|
Mengapa?
12579382 | agar perkembngan psikososial aBK dapat berkembang dengan baik | View |
12581213 | karena mereka akan mendapat perhatian yang lebih ketimbang pendidikan lainnya | View |
12581549 | agar anak-anak bisa belajar juga dengan anak yang normal | View |
12581745 | karena keterbatasan ABK, maka hendaklah institusi yang menyesuaikan kurikulumnya berdasarkan kemampuan ABK | View |
12581788 | karena anak berkebutuhan khusus tersebut dapat berhabung dengan anak - anak yang yang dikatakan normal, dengan demikian anak tersebut dapat berkomunikasi secara langsung sehingga perkebangan anak berkebutuhan khusus tadi menjadi lebih baik. | View |
12581997 | -_- | View |
12582136 | Karena cocok. | View |
12582250 | Karena saua merasa metode inklusi lebih efektif. | View |
12582422 | bagus | View |
12582505 | bagaimanapun mereke harus bisa bersosial dengan yang mereka yang tidak berkebutuhan khusus | View |
12582514 | karna mereka dapat berinteraksi dengan sesama anak berkebutuhan khusus maupun yang tidak berkebutuhan khusus | View |
12582518 | karena Sistem pendidikan dimana anak berkelainan terpisah dari sistem pendidikan anak normal | View |
12582769 | oke | View |
12582868 | karena dia itu dibedakan yang harus dibedakan dengan anak normal | View |
12584799 | agar ereka dapat berinteraksi dengan anak-anak normal lainnya | View |
12587617 | lebih efektif aja. | View |
12588022 | Karena integritas yang baik itu dibutuhkan | View |
12589234 | Agar mereka bisa tetap menyesuaian diri dengan lingkungannya | View |
12589614 | karena mereka dapatbeinterkasi langsung dengan orangyang normal | View |
12589762 | agar ABK dpt berinteraksi dgn anak-anak lain | View |
12590000 | karena walaupun dia anak ABK ia tetap harus ditempatkan di temapat anak normal agar rasa percaya dirinya tumbuh dan ia tidak lagi emrasa mali dengan keadaannya | View |
12590008 | karena membantu anak BK untuk bersosialisasi secara perlahan | View |
12590123 | bagus | View |
12590667 | berbaur lebih baik,, dan menguntungkan bagi anak berkebutuhan khusus dalam pengenalan lingkungan luar dan dunia mereka... | View |
12590993 | Karena mereka dpt berbaur dengan anak-anak normal lainnya sehingga mereka tidak merasa berbeda dengan yg lain. | View |
12591187 | Karena anak dapat berinteraksi dan merasakan pembelajaran dengan anak normal | View |
12591861 | karena lebih umum | View |
12592174 | ya sama-sama tau lah.. | View |
12596958 | yah karena mereka harus membaur debgan lingkungannya | View |
12598529 | lebih pas | View |
12606505 | karena membantu | View |
12608232 | Aku gak ngerti -__- | View |
12617207 | Agar anak ABK layak mendapatkan pendidikan seperti anak normal lainnya | View |
12619311 | ya karena itu yang paling bagus | View |
12619622 | biar lebih berkualitas | View |
12620313 | biar lebih fokus belajarnya | View |
12621655 | karena paling sesuai | View |
12625128 | Karen dengan pembelajran terpadu, anak yg berkebutuhan khusus maupun tidak, akan bisa saling melengkapi. =) | View |
12625265 | feeling | View |
12626676 | sebagai motivasi bagi ABK untuk dapat mandiri seperti anak normal lainnya | View |
12627495 | efektif | View |
12644052 | No reason :) | View |
12644184 | karna menurut saya itu yg paling tepat | View |
12644368 | agar ABK dapat berinteraksi secara langsung dengan lingkungan normal | View |
12644440 | karena pada pendidikanini, ABK berkesempatan untuk berinteraksi dengan siswadi kelasregular | View |
12644474 | Agat tidak ada kesenjangan di antara ABK dan anak normal lainnya | View |
12651566 | mungkin itu yang bagus menurut saya | View |
Dari hasil
survey di atas, dapat kita lihat bahwa responden saya (Mahasiswa Psikologi USU’11),
sebelum menjadi mahasiswa Fak. Psikologi USU, banyak yang belum terlalu
mengerti siapakah mereka yang disebut sebagai Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).
Dan setelah menjadi mahasiswa Psikologi, semakin banyak mahasiswa yang
pandangannya berubah mengenai ABK. Kita mengetahui bahwa ABK tidak hanya
semata-mata anak yang memiliki gangguan, cacat fisik, tapi juga anak-anak yang
berbakat yang memiliki IQ di atas 130. Lalu, apakah ABK memiliki predikat buruk
di lingkungan anda? Berdasarkan hasil survey, 11 orang mengatakan iya, 21 orang
mengatakan tidak terlalu buruk, dan 18 orang mengatakan bahwa tidak buruk.
Jadi, kebanyakan lingkungan mahasiswa FPsi USU’11 sudah tidak memandang buruk
pada anak-anak berkebutuhan khusus. Dan hasil survey juga menyatakan bahwa
mayoritas mahasiswa Fpsi USU’11 sudah pernah berinteraksi secara langsung
dengan anak berkebutuhan khusus. Hal ini penting, agar semakin membuka wawasan
para mahasiswa mengenai ABK sehingga semakin bisa memahami ABK.
Dan bisa
dilihat di atas mengenai pendapat para responden mengenai ABK. Sebagian besar
mahasiswa FPsi USU’11 sudah memandang ABK dengan positif dan optimis. ABK tidak
dipandang lagi sebagai anak yang cacat fisik dan tidak mampu apa-apa, melainkan
anak yang penuh potensi dan oleh karena itu, pendidikan khusus bagi ABK
sangatlah penting untuk mendukung potensi yang ada pada diri ABK itu sendiri.
Namun, pada aplikasinya, para responden banyak yang mengatakan bahwa ABK masih
belum mendapatkan pendidikan yang tepat bagi dirinya. Memang, di Indonesia,
pendidikan khusus bagi ABK masih belum menjadi sorotan yang utama, mengingat
kurangnya pengetahuan akan ABK itu sendiri. Padahal, pendidikan khusus bagi ABK
sangatlah penting. Responden juga 100% mengemukakan bahwa pendidikan khusus
bagi ABK sangat penting.
Berbicara
mengenai pendidikan khusus bagi ABK, kita mengenal ada 3 sistem pendidikan yang
dapat dienyam oleh ABK dewasa ini. Ketiga sistem pendidikan tersebut adalah
Segregasi, Integrasi, dan Inklusi. Sebagaimana kita ketahui, Segregasi adalah sistem
pendidikan dimana ABK terpisah dari sistem pendidikan anak normal. Jenis
sekolah yang menerapkan sistem pendidikan ini seperti Sekolah Luar Biasa (SLB).
Integrasi adalah sistem pendidikan yang membuka kelas reguler dan kelas khusus.
Jadi, ABK bisa mengikuti kelas reguler bersama anak normal lainnya, namun pada
kelas-kelas tertentu yang lebih membutuhkan perhatian secara individu, ABK akan
masuk ke kelas khusus. Dan Inklusi itu sendiri adalah sistem pendidikan yang
biasa kita ketahui, jadi anak ABK diperlakukan sama dengan anak normal. Tidak ada
kelas khusus, mereka digabung pada kelas reguler.
Ketiga sistem
pendidikan tersebut tentu ada baik-buruknya. Dan berdasarkan hasil survey, 25
orang dari 50 orang responden menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Integrasi yang
baik diterapkan pada ABK. Responden yang setuju dengan Sistem Pendidikan
Integrasi menyatakan bahwa dengan adanya kelas reguler dan kelas khusus, mereka
jadi bisa berinteraksi dan mengalami proses pembelajaran bersama dengan anak normal
lainnya sehingga memotivasi dirinya sendiri, namun tetap memiliki wilayah
khusus pada kelas tertentu sehingga mereka jadi lebih bisa menyesuaikan diri
pada hal-hal yang mereka mampu sehingga tidak dipaksa saat tidak sesuai dalam
mengikuti kelas reguler. Dan 13 orang menyatakan Inklusi lebih baik, agar
mereka bisa berkomunikasi secara langsung dengan anak normal sehingga
perkembangan ABK pun menjadi lebih baik karena sudah mengetahui dunia di luar
dunia mereka. Dan 12 orang menyatakan Segregasi lebih baik karena ABK harus
mendapatkan perhatian secara khusus maka dari itu, sistem pendidikan yang
terpisah dengan anak normal pun lebih baik.
Kesimpulannya,
mahasiswa FPsi USU’11 sudah memandang ABK dengan positif, dipandang sebagai
anak yang memiliki potensi dan maka dari itu perlu diberikan pendidikan khusus
yang tepat agar potensinya dapat berkembang secara maksimal, dan juga
perkembangan sosioemosional, fisik, dan kognitif dapat berkembang maksimal. ABK
pun tumbuh menjadi individu yang positif dan berguna di masyarakat. Bisa hidup
berdampingan dengan sesama di lingkungannya.
Dan untuk
sistem pendidikan mana yang lebih baik diterapkan pada ABK, menurut saya, sistem
tersebut tergantung dengan kebutuhan ABK itu sendiri. Jika ABK tersebut secara
intelektual sama ataupun jauh lebih tinggi dengan anak normal seusianya, maka
bisa dimasukkan ke sistem pendidikan Integrasi ataupun Inklusi. Namun, jika ABK
benar-benar membutuhkan perhatian khusus individu per individu maka ada baiknya
diberikan pendidikan segregasi. Jadi, sistem pendidikan yang baik itu
tergantung kebutuhan ABK itu sendiri.
Testimoni :
Secara pribadi, saya sangat
senang dengan tugas survey online ini. Kalau tidak diperkenalkan kwiksurveys,
cara pembuatan survey dan cara melihat hasilnya, mungkin saya tidak akan pernah
kepikiran untuk membuat survey sederhana ini. Memang, pada awalnya saya
bingung. Tapi, ternyata mengasyikkan juga. Saya jadi mampu menyalurkan rasa
ingin tahu saya dan jadi paham bagaimana pandangan responden terhadap beberapa
item pertanyaan maupun pernyataan yang saya buat. Survey online ini juga
menyiapkan mental saya untuk menghadapi penelitian yang lebih besar lagi nanti.
(Ciyee) Terima kasih untuk dosen pengampu, Bu Dina, yang telah mengenalkan survey
online ini kepada kami. Beliau juga telah merangsang kami untuk berpikir
kreatif mengenai tema, dan lain sebagainya. Saya juga berterimakasih kepada
responden yang berkenan mengisi survey saya ini. God bless you all :D
-Cynthia Marilyn Sitompul-
mksh ya udah mau berbagi
BalasHapusgambar lucu || cerita lucu ||
Selamat malam, saya Mahasiswi PLB dari UNJ, mau minta bantuannya boleh gak ya kalau saya pakai survey ini untuk tugas saya? Trims :)
BalasHapus